ucapan
Beranda Hukum Kriminal Ungkap SPBU Nakal di Kibin, Polda Banten Libatkan Saksi Ahli Kemetrologian

Ungkap SPBU Nakal di Kibin, Polda Banten Libatkan Saksi Ahli Kemetrologian

714

SERANG.BCO.CO.ID – Dalam mengungkap kecurangan perdagangan Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Gorda Nomor: 34-42117 di Jalan Raya Serang – Jakarta, KM 70, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Kepolisian Daerah (Polda) Banten mendatangkan saksi ahli dari Metrologi Ilegal, Maman Arifrahman.

Maman yang diketahui sebagai Fungsional Pengawas Kemetrologian menjelaskan, bahwa telah melakukan pemeriksaan di SPBU Kibin bersama Ditreskrimsus Polda Banten pada Senin, 6 Juni 2022 yang lalu. “Kita telah melakukan pengujian atar dengan menggunakan alat yang namanya push secara ukur standar yang kapasitasnya 20 liter, kita uji di dispenser 01 dengan temuan susutnya kurang lebih 500 ml,” kata Maman, Rabu 22 Juni 2022.

Maman menambahkan, jika jumlah susut tersebut takarannya jauh melebihi batas yang diijinkan oleh peraturan kementrian perdagangan nomor 23 tentang teknis bejana ukur.

Saksi ahli lainnya yang didatangkan Polda Banten, Yuniarso yang merupakan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Perlindungan Konsumen selaku saksi ahli dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menyampaikan, ketika pelaku usaha memperdagangkan barang dan jasanya tidak boleh mengurangi hak-hak konsumen untuk dilayani dengan benar dan jujur.

“Kami mengapresiasi kepada Ditreskrimsus Polda Banten atas pengungkapan kecurangan penjualan BBM yang merugikan konsumen, kami siap membantu dan berkoordinasi dengan Polda Banten untuk mengawasi agar menghindari kecurangan di SPBU lainnya.” kata Yuniarso. []

RADIO BCO