Beranda Bencana Alam Tutup Galang Donasi Banjir Serang, BCO Peduli Salurkan Bantuan Korban Banjir Tahap...

Tutup Galang Donasi Banjir Serang, BCO Peduli Salurkan Bantuan Korban Banjir Tahap Pertama

464

SERANG.BCO.CO.ID – Melalui gerakan #BCOPeduli, BCO Media Network menyalurkan bantuan tahap pertama berupa Al Quran dan Kitab kepada Madrasah yang dikelola Keluarga Besar Dzuriat Kesultanan Abul Mafakhir di Kenari dan Pondok Salafi Pusaka Khoirul Kalam di Lopang Jiwantaka, Kota Serang, Minggu 6 Maret 2022. Selain itu bantu warga yang rumahnya roboh di Kenari dan mengalurkan sembako ke posco di Kaloran.

Sementara itu, untuk galang donasi kami tutup pada hari Sabtu 5 Maret 2022 dengan total dana terkumpul Rp18.125.000.

Penyaluran Al Quran dan Kitab dilakukan bukan tanpa alasan. Pasalnya, pasca musibah banjir yang melanda Kota Serang beberapa hari sebelumnya, mengakibatkan Kitab-kitab dan Al Quran yang berada di dua tempat tersebut hilang terbawa arus banjir atau hanyut. Bahkan, empat ruangan di Madrasah yang berada di Kenari, hancur porak poranda akibat banjir.

Ketua Yayasan Bina Cendikia Optima (BCO) Ihwan Hadi Susanto menuturkan, gerakan #BCOPeduli merupakan gerakan berkesinambungan yang akan terus dilakukan untuk membantu sesama.

“Bukan hanya dilakukan saat terjadi bencana, tapi juga berkelanjutan dalam aksi kemanusiaan lainnya. Gerakan #BCOPeduli merupakan program sosial yang akan terus dijalankan dengan melibatkan berbagai lapisan masyarakat (Sahabat BCO) untuk bersama-sama melakukan kebaikan dan meningkatkan kepedulian,” kata pria yang akrab disapa Mas Wawan.

Selain menyalurkan donasi berupa Al Quran dan Kitab, lanjut Wawan, pihaknya juga menyalurkan donasi berupa kebutuhan pokok dari mulai sembako dan peralatan rumah tangga.

“Untuk di Pondok Salafi ini kami juga menyerahkan sarung ke sejumlah santri yang ada dan kebutuhan pokok, serta air mineral untuk dapur umum di Lontar Jiwantaka. Sementara di Kenari, selain Al Quran dan Kitab untuk Madrasah, kami juga menyalurkan bantuan lainnya dalam bentuk peralatan memasak dan sembako, bagi warga yang rumahnya roboh akibat banjir,” jelasnya.

Di tempat sama, Pimpinan Pondok Salafi Pusaka Khoirul Kalam Ustadz Putra mengaku terbantu dengan donasi yang disalurkan oleh tim BCO melalui gerakan #BCOPeduli. “Alhamdulillah apa yang diberikan sangat membantu dan kami mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan yang di berikan. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan yang diberikan dengan pahala yang terus mengalir untuk seluruh keluarga besar BCO dan Sahabat BCO yang sudah ikut berpartisipasi. Insya Allah apa yang diberikan akan kami manfaatkan dengan baik, dan semoga silaturahmi ini bisa terus berlanjut hingga kemudian hari,” ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan perwakilan Keluarga Besar Dzuriat Kesultanan Abul Mafakhir, Ustadz Samsul. Pihaknya mendoakan agar apa yang dilakukan oleh Keluarga Besar BCO di ridhoi oleh Allah SWT.

“Kami Kelbes (keluarga besar) Dzuriat Kesultonan Abul Mafakhir Kenari, Jazakalloh Khoirulaka Barokalloh. Haturnuhun atas donasinya, semoga Allah meridhoi dan membalas amaliyah Kelbes BCO. Salam sejawat cinta kasih sayang,” tulisnya melalui pesan elektronik.

Diketahui, sebelum melakukan penyaluran ke sejumlah lokasi banjir di Kota Serang, Tim BCO terlebih dahulu melakukan asessment untuk mengetahui situasi, kondisi, dan kebutuhan yang diperlukan oleh para penyintas banjir. Ini agar donasi yang disalurkan bisa benar-benar dirasakan manfaatnya oleh para penerima donasi.

“Kita fokuskan donasi untuk masjid, musala, madrasah, dan juga pesantren yang terdampak. Ada juga donasi yang kami salurkan langsung ke warga yang benar-benar terdampak, dan melalui asessment yang dilakukan, kami bisa mengetahui bantuan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga tidak terjadi penumpukan. Selain itu, asessment penting dilakukan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat kita terjun menyalurkan donasi,” kata Koordinator #BCOPeduli Rizal Arif Baihaqi.

Dalam penyaluran donasi yang dilakukan, adapun total bantuan yang diberikan oleh Tim BCO di antaranya Al Quran, sarung, Kitab seperti Dalail Khoirot, Amil, Jurmiyah, Tasrif, Safinatun Najah, Talimu Talim, Riyadul Badiah, dan Tanqihul Qowul.

“Kami juga memberikan donasi lainnya berupa sembako, air minum untuk dapur umum atau posko di Lontar Jiwantaka, 5 buah kompor, selang, regulator, tabung gas beserta isinya dan sembako untuk warga yang rumahnya roboh di Kenari,” tutup Rizal. []

RADIO BCO