Beranda Peristiwa Sopir Bus Arimbi Terbakar di Tol Tangerang Merak Kabur, Ini Kondisi Penumpangnya

Sopir Bus Arimbi Terbakar di Tol Tangerang Merak Kabur, Ini Kondisi Penumpangnya

6813

SERANG, BCO.CO.ID – Sebuah bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang berasal dari P.O Arimbi B 7177 BGA terbakar hebat di jalur Tol Tangerang Merak, ketika melintas dari Tangerang menuju Merak di KM 75,500, sekitar pukul 18.50 WIB, Senin 11 Januari 2021.

Pengurus Bus PT Arimbi Jaya Agung Merak Deden Sutisna mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Saat itu, bus tengah membawa 4 orang penumpang dan dua awak kru, namun semuanya dapat dievakuasi dengan selamat.

“Untuk korban tidak ada, selamat semua. Ada penumpang 4 orang sudah dievakuasi, kru 2 orang,” kata Deden dilokasi kejadian kepada wartawan.

Dikatakan, belum diketahui penyebab serta kerugian akibat peristiwa terbakarnya bus tersebut. Namun dalam kondisi terkahir, bus ini hangus dilalap si jago merah sebelum akhirnya dipadamkan oleh tim Damkar setempat.

Sementara, Kasat PJR Tol Tangerang Merak Korlantas Polri AKP Denny Chatur Wardhana mengungkapkan, sebelum peristiwa nahas itu terjadi. Kendaraan sempat mengalami gangguan dengan ditandai keluarnya asap dan api pada bagian mesin depan.

“Menurut keterangan penumpang, kendaraan gangguan mesin, kemudian mesin dan lampu mati. Kemudian muncul asap dan api dari mesin bagian depan,” kata AKP Denny Chatur Wardhana, Kasat PJR Tol Tamer Korlantas Polri.

Mengetahui adanya kepulan asap dan api dari mesin bagian depan, sopir, kondektur serta penumpang langsung menyelamatkan diri. Bus yang sebelumnya ada di jalur kiri, tiba-tiba mundur dan berpindah ke jalur kanan saat terbakar.

Akibat kejadian ini, arus lalu lintas sempat ditutup 10 menit oleh PJR Tol Tamer Korlantas Polri guna menghindari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, empat unit kendaraan Damkar Kota Serang diterjunkan untuk menjinakan amukan api. Dalam kejadian ini, sopir bus yang belum diketahui identitasnya itu melarikan diri.

“Kita kemudian meminta bantuan damkar Kota Serang, ada empat unit kendaraan yang datang. Sopir kabur, penumpang ada empat orang. Tadi ditutup sebentar untuk penanganan awal,” terangnya.

Api berhasil dipadamkan setelah satu jam lamanya, meski begitu pihak Damkar Kota Serang masih melakukan pendinginan terhadap badan bus yang terbakar tersebut. Kendaraan juga sudah dapat melintasi lajur ini meski harus menggunakan sebagian bahu jalan. []