Beranda Pemerintahan Sekolah Tatap Muka di Banten Batal Digelar Awal Tahun, Ini Alasan Gubernur

Sekolah Tatap Muka di Banten Batal Digelar Awal Tahun, Ini Alasan Gubernur

2539

SERANG, BCO.CO.ID – Pemerintah Provinsi Banten menunda pelaksanaan sekolah tatap muka tingkat SMA/SMK yang tadinya direncanakan digelar pada awal Januari 2021 mendatang.
Pemprov Banten juga meminta seluruh kepala daerah di wilayahnya untuk juga membatalkan dan menunda sekolah tatap muka.

“Kita telah mendengarkan pertimbangan berbagai pihak. Dan tadi kita berkesimpulan bahwa tatap muka per Januari (2021) ditunda. Itu kesepakatannya yang akan saya tuangkan melakui surat keputusan,” kata Wahidin Halim, Gubernur Banten di Rumah Dinas Gubernur di Kota Serang, Selasa 22 Desember 2020.

Wahidin mengatakan, penundaan kegiatan belajar mengajar dengan metode tatap muka ini lantaran masih tingginya angka penularan Covid-19 di Provinsi Banten. Saat ini Provinsi Banten berstatus zona orange penyebaran Covid-19. Selain itu,hal ini berdasarkan pertimbangan dari IDI Banten, Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Persatuan Dokter Paru Banten dan Ikatan Dokter Anak.

Ditegaskan Gubernur, dirinya meminta seluruh Kepala Daerah se-Provinsi Banten untuk turut menunda pembukaan sekolah tatap muka yang direncanakan pada Januari 2021 mendatang. “Ga boleh, itu sudah disepakati,” tegasnya.

Hampir penuhnya kapasitas ruang isolasi yang ada di Provinsi Banten, sambung Gubernur, menjadi alasan penundaan sekolah tatap muka. Dalam laporan Dinas Kesehatan Provinsi Banten, dari 3.039 ruang isolasi di Banten, sebanyak 94 persen ruang isolasi biasa sudah terisi, sementara ruang ICU sudah terisi 99 persen dengan ribuan orang menunggu giliran.

“Kalau ini terus meningkat bagaimana rumah sakit? Kalau lebih dari 100 persen (rumah sakit) gimana kita? Saya juga gelimpangan. Karena berdasarkan data dari Ikatan Dokter Anak, ada 154 anak yang terkonfirmasi positif (corona). Dan bisa jadi, bisa ribuan anak,” tandasnya. []