Beranda Hukum Kriminal Polisi Ringkus Pelaku Begal Bersenjata di Kibin, Kab. Serang

Polisi Ringkus Pelaku Begal Bersenjata di Kibin, Kab. Serang

799

SERANG, BCO.CO.ID – Sat Reskrim Polres Serang Kota berhasil membekuk salah satu dari dua pelaku pembegalan terhadap seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) yang terjadi di Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang pada Selasa 19 Januari 2021 lalu. Pelaku pembegalan bersenjata dibekuk polisi di kediamannya pada Senin 25 Januari 2021 di kediamannya di Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang.

Kasatreskrim Polres Serang AKP David Adhi Kusuma mengungkapkan, pelaku berinisial BA (26), warga Kabupaten Oku Timur, Sumatera Selatan, diringkus lantaran sebelumnya telah melakukan tindak pencurian dengan kekerasan. Pelaku saat menjalankan aksinya dibantu satu rekannya yang saat ini masih buron.

“Jadi waktu itu Selasa (19 Januari 2021) sekitar jam 10.00 WIB. Ibu Sutinah dalam perjalanan dari rumahnya mau ke Kantor Desa Cemplang. Tiba di jalan Cibuluh (Desa Cemplang), korban diberhentikan oleh dua pelaku yang membuntutinya. Satu pelaku langsung mencabut konci motor korban sambil menodongkan senjata api dan satu pelaku lainnya menodongkan golok,” kata AKP David Adhi Kusuma, Senin malam 25 Januari 2021.

Karena diancam akan dibunuh oleh kedua pelaku pencurian dengan kekerasan itu, korban pun pasrah dan menyerahkan sepeda motornya berjenis Yamaha N-Max bernopol A 4968 IA. Kemudian para pelaku langsung membawa kabur sepeda motor milik korban.

“Si Ibu itu diancam, disuruh turun kalau enggak, mau dibunuh. Karena takut melihat senjata api dan golok, jadi diserahkan begitu saja ke si pelaku,” ujarnya.

Polisi yang saat itu mendapat laporan dari korban langsung bergerak cepat guna mencari keberadaan pelaku berdasarkan ciri-ciri yang disampaikan oleh korban. Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan, hanya berselang satu minggu, satu pelaku berhasil diringkus saat berada di dalam kontrakannya.

“Kita berhasil melacak keberadaan pelaku. Dan tadi (Senin) sekitar jam 12.30, pelaku BA berhasil ditangkap di kontrakannya di Kecamatan Kibin. Sementara rekannya masih dalam pengejaran,” imbuh David.

Selain meringkus seorang pelaku pembegalan itu, polisi juga berhasil menemukan kendaraan milik korban dari tangan pelaku. Petugas juga mendapati satu unit kendaraan Yamaha N-Max lainnya hasil dari kejahatan serupa.

Tah hanya itu, petugas juga menemukan barang bukti yang digunakan pelaku dalam menjalankan aksi kejahatan itu. Adapun barang bukti yang berhasil ditemukan petugas, adalah sebilah golok, senjata api rakitan, 4 buah amunisi, dan kendaraan hasil curiannya.

“Kita temukan motor korban di TKP Jawilan beserta BPKB-nya yang terbawa. Lalu kita temukan motor lainnya hasil kejahatan di Ciruas. Sedangkan senjata api rakitan juga kita temukan di kursi dengan 4 amunisi termasuk sebilah golok yang dipakai dalam menjalankan aksinya,” jelas David.

Kemudian, pelaku beserta barang bukti langsung di gelandang ke Mapolresta Serang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Pelaku di ancam dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan.

“Atas perbuatannya, pelaku terancam pidana kurungan penjara maksimal 9 tahun,” tandasnya. []