ucapan
Beranda Bencana Alam Penyebab Banjir di Kota Serang Terungkap, Pemkot Minta Bantuan Pemprov

Penyebab Banjir di Kota Serang Terungkap, Pemkot Minta Bantuan Pemprov

2847

SERANG.BCO.CO.ID –¬†Menindaklanjuti peristiwa banjir yang menggenangi Kota Serang, Walikota Serang menghadiri rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumi, terkait penanganan banjir yang menggenangi beberapa wilayah di Provinsi Banten, khususnya di Wilayah Kota Serang, Rabu 2 Maret 2022.

Dalam kegiatan tersebut Walikota Serang Syafrudin menyampaikan beberapa penyebab terjadinya banjir.

Selain disebabkan curah hujan yang cukup tinggi, Syafrudin menyebut normalisasi sungai Cibanten juga menjadi salah satu faktor terjadinya banjir di beberapa wilayah di Kota Serang.

“Hilir Sungai Cibanten ini berada di Kota Serang, jadi datangnya air dari beberapa wilayah di Provinsi Banten yang menggenangi Sungai Cibanten semua berakhir di Kota Serang,” ungkapnya.

Syafrudin menambahkan kemungkinan datangnya air disebabkan oleh bendungan Sindangheula yang sudah tidak bisa menampung debit air yang cukup besar. “Kemungkinan air datang dari bendungan Sindangheula yang sudah tidak bisa menampung debit air. Terlebih lagi curah hujan yang terus menerus turun,” ucapnya.

Apa yang disampaikan Syafrudin dibenarkan oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cidanau-Ciujung-Cidurian (C3) Provinsi Banten, I Ketut Jayada.

I Ketut Jayada menyampaikan, bahwa di beberapa waktu yang lalu Sungai Cibanten sudah berstatus warning banjir ditambah dengan curah hujan yang cukup tinggi, menyebabkan air yang ditampung oleh bendungan Sindangheula meluap.

“Beberapa hal yang harus kita ketahui, bendungan Sindangheula hanya bisa menampung sebesar sembilan juta kubik air, dan pada saat kemarin ini bendungan Sindangheula sudah menampung sebelas juta kubik air,” akunya.

Untuk itu, dalam beberapa waktu mendatang, pihaknya akan terus berupaya melakukan pemeliharaan Sungai Cibanten yang merupakan tanggung jawab dari Balai Besar Wilayah Sungai C3.

“Beberapa waktu mendatang kami akan terus melakukan pemeliharaan sungai, dari hulu sampai hilir sungai, meliputi sekeliling wilayah sungai yang dekat dengan pemukiman,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Pemerintah Kota Serang berharap kepada Pemerintah Provinsi Banten agar terus memberikan perhatian lebih dan beberapa bantuan yang dapat disalurkan kepada Pemerintah Kota Serang, yang nantinya akan diberikan ke beberapa titik lokasi banjir yang menggenangi beberapa wilayah di Kota Serang. []

RADIO BCO