Beranda Humaniora Mahasiswa Laporkan Dinsos Banten ke Ombudsman Terkait Hal Ini

Mahasiswa Laporkan Dinsos Banten ke Ombudsman Terkait Hal Ini

452

SERANG, BCO.CO.ID – Mahasiswa Fakultas Hukum & Sosial Universitas Mathlaul Anwar (UNMA) Banten Fikri Anidzar Albar melaporkan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten terkait dugaan mal administrasi pada program Jamsosratu tahun anggaran 2020, Kamis 21 Januari 2021.

“Saya datang mewakili masyarakat penerima manfaat Program Jamsosratu di Desa sindanghayu, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang. Kami sebelumnya sudah berkoordinasi dengan pendamping Jamsosratu dan juga mendatangi Dinsos Provinsi Banten pada tanggal 19 Desember 2020,” ujar Fikri, di kantor Ombudsman Banten.

Fikri mempertanyakan alasan masyarakat penerima Jamsosratu yang tidak dapat pada tahun anggaran 2020, padahal pada tahun sebelumnya, 2019 dapat.

“Kami kecewa ketika mendatangi kantor Dinsos Provinsi Banten, karena pelayanan yang kurang baik kami terima dan sampai saat ini tidak ada jawaban resmi dari Dinsos Banten terkait hilangnya data masyarakat yang berhak meneirma bantuan. Hanya sekedar asal jawab via WA dan itu pun ketika ditanya kenapa hilang, hanya dibaca saja,” ujar Fikri.

Fikri menduga Program Jamsosratu ini perlu dievalusi, baik Dinas Sosial Provinsi Banten maupun para pendampingnya. Jangan sampai program ini dipolitisasi dan tidak ada evaluasi dari Gubernur Banten.

“Kami berharap kepada Ombudsman perwakilan Provinisi Banten dan Badan Kehormatan Dewan untuk memaksimalkan fungsi pengawasannya. Harapan kami jelas, Agar program Jamsosratu ini bisa lebih optimal,” pungkas Fikri. []