Beranda Humaniora Lanal Banten Perluas Pencarian Pesawat Sriwijaya Air di Kawasan Pesisir

Lanal Banten Perluas Pencarian Pesawat Sriwijaya Air di Kawasan Pesisir

1469

SERANG, BCO.CO.ID – Untuk mengoptimalkan pencarian dari peristiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di Perairan Kepulauan Seribu beberapa waktu lalu, Pangkalan TNI Angkatan Laut Banten memperluas pencarian dengan melakukan penelusuran di kawasan pesisir Pantai Banten Utara.

Komandan Lanal Banten Letkol Laut (P) Budi Iryanto mengatakan, area pencarian diperluas hingga ke kawasan pesisir Banten Utara dikarenakan ada kemungkinan korban pesawat Sriwijaya Air ditemukan di wilayah tersebut.

“Ada kemungkinan korban-korban pesawat ini ada di wilayah Pesisir Banten Utara. Personil kami sendiri dibantu dengan Polairud Polda Banten dan Danlanal Banten mencari korban pesawat Sriwijaya Air mulai dari wilayah Kronjo, Tangerang hingga ke titik Karangantu, Kota Serang. Kami memperluas pencarian hingga wilayah Pesisir Banten Utara, karena ditemukan jaket orang dewasa milik salah satu penumpang kapal. Otomatis kalau melihat situasinya ada di daerah pesisir,” kata Letkol Laut (P) Budi Iryanto, Danlanal Banten dihubungi melalui telepon oleh wartawan, Senin 11 Januari 2021.

Dijelaskan, dalam pencarian korban pesawat Sriwijaya Air, pihaknya menghitung arus laut gelombang, pasang surut arus, menghitung arah angin. Selain itu, pihaknya juga turut melibatkan sejumlah kapal guna mencari tahu keberadaan serpihan dari puing-puing pesawat milik maskapai Sriwijaya Air itu.

“Kalau dilihat dari kedalaman air laut kondisinya masih aman. Jarak pandang di dasar laut pun masih aman juga. Dalam pencarian korban ini juga, kami menyiapkam KAL Temposo dan Patkamla Panaitan dan 1 sekoci karet untuk proses pencarian serpihan pesawat Sriwiyaya Air,” jelasnya.

Untuk personil yang dipersiapkan, Danlanal Banten menyiapkan 50 personil untuk proses pencarian serpihan pesawat Sriwijaya Air.

“Sebanyak 50 persnonil yang kami persiapkan dan terdapat juga penyelam baik dari Lanal Banten sekaligus dari Gabungan Tim SAR,” pungkasnya. []