Beranda Politik Hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Pilkada Kabupaten Serang, Tatu-Panji Unggul Telak

Hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Pilkada Kabupaten Serang, Tatu-Panji Unggul Telak

1108

SERANG, BCO.CO.ID – KPU Kabupaten Serang telah menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi suara Pilkada tingkat Kabupaten. Alhasil dari rapat tersebut, pasangan petahana yang juga calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Serang kembali dimenangkan oleh pasangan petahana dari nomor urut 01 Ratu Tatu Chasanah – Pandji Tirtayasa dengan hasil suara siginifikan.

Sementara penantangnya nomor urut 02, Nasrul Ulum-Eki Baihaki harus kalah dan gagal menumbangkan kekuatan politik petahana.

Berdasarkan hasil rekapitulasi itu, paslon cabup cawabup nomor urut 01 Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa memperoleh suara sebanyak 429.054 suara. Sementara pasangan Nasrul-Eki meraih 247.310 suara.

“Alhamdulillah Pilkada Kabupaten Serang berjalan aman, lancar, jujur adil dan sehat semua,” Abidin Nasyar, Ketua KPU Kabupaten Serang di salah satu hotel, Selasa 15 Desember 2020.

Abidin menjelaskan, kedua saksi paslon cabup dan cawabup Kabupaten Serang menerima hasil keputusan itu. Ia juga memberikan waktu selama lima hari kepada salah satu calon apakah hendak melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi atau tidak. Jika ada gugatan dari salah satu paslon, pihaknya akan menunggu putusan MK terkait pengusulan Pengesahan Pengangkatan Calon Terpilih.

Meski berjalan tertib dan kondusif, namun partisipasi masyarakat dalam Pilkada Kabupaten Serang tidak mencapai target nasional. Dalam pesta demokrasi itu, partisipasi pemilih hanya mencapai angka 64 persen atau lebih rendah dari target KPU RI yakni 75 persen. Kendati begitu, partisipasi masyarakat ini juga turut mengalami kenaikan dari Pilkada 2015 yang hanya mencapai angka 50,8 persen atau naik 14 persen pada Pilkada 2020.[]