Beranda Kesehatan Hari Ini, Dinkes Kab. Serang Distribusikan Vaksin Covid-19 ke 31 Puskesmas

Hari Ini, Dinkes Kab. Serang Distribusikan Vaksin Covid-19 ke 31 Puskesmas

567
Puskesmas Cikende menerima vaksin Covid-19 dari Dinkes Kabupaten Serang yang pendistribusiannya dikawal pihak kepolisian, Senin 25 Januari 2021.

SERANG.BCO.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah menerima vaksin Covid-19 dari Provinsi Banten pada sabtu 24 Januari 2021, sebanyak 7080 vial (dosis). Dinkes mendistribusikannya ke 31 puskesmas yang tersebar di wilayah Kabupaten Serang.

“Kita sudah mengambil vaksin di Gudang Varmasi Dinkes Provinsi Banten kemarin (Sabtu-red). Jumlahnya 7.080 vial. Dan hari ini, kita distribusikan ke 31 puskesmas yang ada di Kabupaten Serang,” ujar Kepala Dinkes Kabupaten Serang dr. Agus Kusmayadi kepada BCO Serang, Senin 25 Januari 2021.

Dikatakan Agus, proses pengambilan vaksin maupun pendistribusiannya melibatkan aparatur keamanan dari kepolisian. “Pada saat pengambilan vaksin ke gudang varmasi Prov Banten hingga pendistribusian dikawal pihak kepolisian. Ini sebagai langkah pengamanan,” katanya.

Menurut data yang dikirmikan dr Agus, kepada BCO, terdapat 6.118 vial vaksin yang didistribusikan ke 31 puskesmas tersebut, dengan jumlah bervariasi. Kemudian sebagian  lagi dari total 7.080 vial yang diterima, untuk sasaran pejabat publik esensial dan kelompok prioritas lainnya.

Terbanyak didistribusikan ke Puskesmas Kramatwaru sebanyak 946 vial, Puskesmas Kopo 568 vial, Cikande 352 vial, kemudian Baros 334 vial. Sementara itu, puskesmas yang paling sedikit mendapatakan jatah vaksin, antara lain Puskesmas Lebakwangi hanya 84 vial, Bandung 90 vial, dan Binuang 96 vial.

“Sasaran vaksin ini untuk SDM kesehatan (tenaga kesehatan) yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Serang. Jadi setiap kecamatan jumlahnya tidak sama. Vaksin yang didistribusikan tersebut untuk dua kali vaksinasi,” ujar Agus seraya menjelaskan, selain vaksin, pihaknya juga mendistribusikan 1.395 alat pelindung diri (APD).

“APD yang dibagikan hanya untuk digunakan petugas vaksinator. Alokasi APD untuk puskesmas tersebut termasuk APD untuk faskes swasta di sekitar puskesmas yang menyelenggarakan kegiatan vaksinasi Covid-19,” Agus menegaskan.

Sebelumnya diberitakan bahwa target sasaran vaksin tenaga kesehatan (nakes) berjumlah 3.460 orang. Dari jumlah itu, vaksin yang dibutuhkan adalah sebanyak 6.920 vial/dosis untuk dua kali vaksinasi. Sesuai jadwal, vaksinasi untuk SDM kesehatan dilakukan pada tahap I, termin II bulan Februari 2021.[]