ucapan
Beranda Cuaca Gunung Anak Krakatau Kembali Hembuskan Abu Vulkanik Setinggi 757 Meter

Gunung Anak Krakatau Kembali Hembuskan Abu Vulkanik Setinggi 757 Meter

3427

SERANG.BCO.CO.ID – Gunung Anak Krakatau (GAK) kembali menunjukkan aktivitasnya yang terpantau mengeluarkan hembusan abu vulkanik membumbung tinggi ke udara.

Dihimpun dari Instagram @krakatau_ca_cal pada Jum’at 04 Februari 2022, gunung api yang berada di tengah laut ini erupsi pada pukul 09.43 WIB pagi tadi. Dari laporan tersebut diketahui bahwa, tinggi kolom abu teramati kurang lebih 757 meter di atas permukaan laut atau 600 meter dari puncak gunung.

Saat erupsi, kolom abu teramati kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah barat daya. Erupsi ini juga terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 46 mm dan durasi lebih kurang 50 detik. Meskipun begitu, tidak terdengar dentuman saat erupsi terjadi.

Pantauan BCO Media di pesisir Pantai Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, tampak abu yang keluar dari gunung ini membumbung ke udara meskipun tidak terlalu jelas lantaran tertutup awan. Selain itu, masyarakat yang tinggal di wilayah ini juga tampak beraktivitas seperti biasanya tak terpengaruh oleh fenomena tersebut.

Ujang, salah seorang pengendara sepeda motor mengatakan, hembusan abu dari Gunung Anak Krakatau tampak tipis tertutup awan. “Keliatan si, tipis ketutup kabut. Warna rada kemerah-merahan, cuma enggak terlalu keliatan,” ujar Ujang.

Sementara, Esa warga sekitar menyampaikan, tiga hari terakhir warga mencium bau belerang yang diduga berasal dari Gunung Anak Krakatau. “Tiga hari berturut-turut kalau enggak salah bau belerang,” kata Esa.

Ia menuturkan, meskipun Gunung Anak Krakatau erupsi, namun warga menganggap hal itu wajar dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat setempat. “Normal-normal aja, itu juga nelayan masih melaut,” imbuhnya.

Sekedar informasi, Gunung Anak Krakatau berada pada level II status waspada. Artinya, kawasan kawah gunung tidak bolej didekati masyarakat dengan radius 2 kilometer. []

RADIO BCO