Beranda Cuaca Gunung Anak Krakatau Dilaporkan Erupsi, Ini Jawaban Kepala Pos Pemantau

Gunung Anak Krakatau Dilaporkan Erupsi, Ini Jawaban Kepala Pos Pemantau

3211
Perubahan Gunung Anak Krakatau (Sumber: Instagram/@krakatau_ca_cal)

SERANG.BCO.CO.ID – Gunung Anak Krakatau (GAK) yang berada di Perairan Selat Sunda, dilaporkan mengalami erupsi pada sore tadi sekitar pukul 16.15 WIB dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 200 meter di atas puncak, Kamis 03 Februari 2022.

Dalam laporan yang beredar tersebut, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang ke arah timur laut. Erupsi disebutkan terekam di seismograf dengan amplitude maksimum 10 mm dan durasi 0 detik.

Dikonfirmasi via pesan instan, Kepala Pos Pemantau GAK Pasauran Deni Mardiono menyampaikan, sampai dengan saat ini seismograf belum mencatat letusan. Menurutnya, informasi tersebut untuk peringatan dini kepada masyarakat. “Karena visual sampai dengan saat ini berupa hembusan asap menerus berwarna kelabu dengan tinggi LK 200 meter di atas puncak,” kata Deni Mardiono, Kepala Pos Pemantau GAK Pasauran.

Dijelaskan, hal tersebut bukan merupakan erupsi namun hanya hembusan. Kendati begitu sampai saat ini, satus Gunung Anak Krakatau sendiri masih berstatus waspada level II atau masyarakat tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 kilometer dari kawah. “Bener mas, baru berupa hembusan. Status waspada sejak 25 maret 2019,” pungkasnya. []

RADIO BCO