Beranda Cuaca BMKG Sebut Banten Bagian Selatan Berpotensi Banjir

BMKG Sebut Banten Bagian Selatan Berpotensi Banjir

1277
Ilustrasi Banjir | Pixabay

SERANG, BCO.CO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, imbas dari puncak musim hujan yang berpotensi terjadinya cuaca ekstrem pada Januari dan akan berlangsung sampai Februari 2021 mendatang, berpotensi menyebabkan banjir kategori menengah di wilayah Banten Selatan. Hal itu berdasarkan hasil analisis BMKG yang memantau fenomena perubahan cuaca di beberapa wilayah di Indonesia.

Dengan adanya potensi cuaca ekstrem tersebut, berdasarkan analisis terintegrasi dari data BMKG, PUPR dan BIG, perlu diwaspadai daerah yang diprediksi berpotensi banjir kategori menengah pada Dasarian III (sepuluh hari ke-3) di bulan Januari 2021 yaitu Banten bagian selatan dan beberapa daerah di Pulau Jawa, sebagian Bali, NTB bagian utara, sebagian kecil NTT, serta di wilayah sebagian Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

“Informasi potensi banjir kategori menengah hingga tinggi untuk 10 hari ke depan ini sebagai upaya mitigasi agar menjadi perhatian dan kewaspadaan bagi masyarakat terhadap potensi bencana banjir, longsor, dan banjir bandang,” kata Herizal, Deputi bidang Klimatologi, Sabtu 23 Januari 2021.

Sementara hujan dengan intensitas lebat di wilayah perairan berpotensi terjadi di Selat Malaka, Laut Cina Selatan, Samudra Hindia barat Bengkulu hingga selatan NTT, perairan Barat Bengkulu hingga selatan NTT, Laut Jawa bagian timur, Selat Sunda, Selat Makassar bagian selatan, Laut Bali, Laut Flores, Laut Banda bagian selatan, Laut Timor, Laut Maluku bagian utara, Laut Sulawesi, perairan Utara Halmahera hingga Papua, Laut Arafuru dan Samudra Pasifik Utara Papua.[]