Beranda Humaniora Bisa Bantu Sembuhkan Pasien Covid-19, PMI Banten Ajak Donor Plasma Konvalesen

Bisa Bantu Sembuhkan Pasien Covid-19, PMI Banten Ajak Donor Plasma Konvalesen

645
Ketua PMI Provinsi Banten Rt Tatu Chasanah | Foto: dok

SERANG, BCO.CO.ID – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah, mengajak masyarakat yang memenuhi kriteria untuk mendonorkan plasma konvalesen. Donor plasma tersebut diyakini dapat membantu penyembuhan pasien Covid 19.

“PMI terus bergerak membantu sesama yang tengah sakit karena Covid 19. Selain upaya pencegahan, melalui UDD Kabupaten Tangerang, UDD Kota Tangsel, dan UDD Kota Tangerang, kami (PMI-red) juga memfasilitasidonor dan distribusi plasma konvalesen,” ujar Tatu melalui akun instagram @ratutauchasanah.

Tatu juga menjelaskan dalam sebuah gambar tentang kriteria orang yang dapat mendonorkan plasma konvalesen. Pertama harus yang pernah terkonfirmasi positif, kemudian sembuh dari Covid 19. “Artinya, sudah pernah dirawat di rumah sakit rujukan Covid 19, karena kasus sedang atau berat dengan menunjukkann hasil swab RT-PCR positif dan sudah dinyatakan sembuh dibuktikan dengan surat keterangan sembuh dari dokter,” ujar Tatu.

Kedua, Dalam waktu 14 hari sebelum berdonor dipastikan tidak memiliki gejala Covid 19, Berusia 18 hingga 60 tahun, berat badan minimal 55 kilogram, diutamakan laki laki atau perempuan yang belum pernah hamil, serta tidak memiliki riwayat transfusi selama satu tahun terakhir.

“Jika ada yang termasuk kriteria tersebut, maka bisa menjadi orang berbabahagia. Mengapa? karena dapat menolong sesama dan berkontribusi dalam penyembuhan pasien Covid 19,” pungkas Tatu yang juga Bupati Serang ini.

Untuk diketahui bahwa donor plasma konvalesan adalah metode donor plasma berisi antibodi dari orang yang telah sembuh dari Covid 19 kepada pasien Covid 19 yang masih dirawat. Terapi plasma ini bertujuan agar pasien memperoleh imunitas pasif dari orang yang telah sembuh. []