Beranda Humaniora Berlibur ke Anyer Wajib Bawa Surat Bebas Covid, Polisi Lakukan Pemeriksaan

Berlibur ke Anyer Wajib Bawa Surat Bebas Covid, Polisi Lakukan Pemeriksaan

2831

SERANG, BCO.CO.ID – Satgas covid-19 bakal melakukan pemeriksaan kesehatan pada wisatawan yang berkunjung ke Anyer hingga Carita. Tes antigen diberlakukan bagi wisatawan yang tidak membawa surat bebas covid. Hal itu dilakukan guna mencegah penularan virus corona saat malam pergantian tahun dan libur tahun baru.

Petugas bahkan memberhentikan kendaraan wisatawan, salah satunya adalah Daniel, ia bersama tiga rekannya diberhentikan lantaran tidak membawa surat bebas covid.

Daniel, warga Jakarta yang akan menginap di Anyer hingga 01 Januari 2020 untuk merayakan malam pergantian tahun. Karena tidak memiliki surat keterangan sehat, Daniel dan rekannya dites antigen oleh tim kesehatan dari Polda Banten.

“Negatif, (dari-red) Jakarta mau ke Anyer. Mau wisata, liburan, buat akhir tahun. Nginep sampe sampe tanggal 1 (Januari). Udah sering swab juga. Kalau untuk masalah takut enggak takut, pasti takut, waspada juga. Kita hati-hati aja,” kata Daniel di pos pemeriksaan kesehatan Pantai Mercusuar Anyer, Kabupaten Serang, Banten, Rabu 30 Desember 2020.

Begitu pun yang dialami Linda (65), warga Jakarta yang bekerja di Anyer ini juga tak lepas dari pemeriksaan kesehatan covid-19, karena tidak membawa surat bebas corona.

“(Ikut tes) antigen, dari Jakarta mau ke Anyer, kerja. Hasilnya negatif,” kata Linda, di tempat yang sama.

Komisioner Kompolnas Puji Hartanto yang ikut serta memantau tes antigen yang dilakukan oleh Polda Banten itu menerangkan, masyarakat yang bepergian menggunakan jalur darat, laut dan udara, akan di tes bebas covid-19. Terutama yang tidak membawa surat bebas virus corona.

Pemeriksaan surat bebas covid dan tes antigen dilakukan oleh TNI, Polri dan tim kesehatan dari pemerintah daerah. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona.

“Pada saat kita datang ke sini (objek wisata) sudah ada urut-urutannya. Melakukan perjalanan darat, udara, air, wisatawan berkunjung ke daerah wisata untuk membawa surat bebas covid. Bukan hanya disini saja, tapi daerah lainnya juga,” kata Puji Hartanto, komisioner Kompolnas.

Masyarakat diimbau untuk tidak merayakan malam pergantian tahun dilokasi wisata atau tempat umum, karena bisa menimbulkan kerumunan dan rentan terhadap penularan virus corona.

Khusus di Banten, kendaraan berpelat nomor luar akan diperiksa satu persatu untuk memastikan wisatawan membawa surat bebas covid. Jika tidak, maka akan di tes antigen oleh tim kesehatan dari Satgas Covid-19. Lokasi pemeriksaan ada di setiap rest area tol Tangerang-Merak dan Pantai Mercusuar Anyer.

Kemudian sejak tanggal 30 Desember hingga 04 Januari 2020, terutama malam pergantian tahun, TNI-Polri akan berpatroli diseluruh lokasi keramaian untuk membubarkan massa jika terjadi kerumunan.

Polisi juga bahkan menyediakan pos pemeriksaan yang berada rest area dan Pelabuhan Merak. Apabila ditemukan penumpang kendaraan yang reaktif Covid-19, polisi bakal memulangkan wisatawan tersebut ke daerah asal.

“Bus maupun mobil antar kota, kita laksanakan pemeriksaan ada surat rapid test atau tidak, jika tidak maka kita periksa. Ada di rest area dan Merak. Kalau ada yang reaktif atau positif, kita kembalikan (ke daerah asal),” kata Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Rudy Purnomo. []