Beranda Cuaca Amankan Libur Natal & Tahun Baru, Basarnas Banten Siaga 18 Hari

Amankan Libur Natal & Tahun Baru, Basarnas Banten Siaga 18 Hari

429

SERANG, BCO.CO.ID – Mengantisipasi libur pada perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten (Basarnas Banten) bakal bersiaga selama 18 hari ke depan.

Pasalnya, puncak arus masuk keluarnya wisatawan yang memanfaatkan waktu libur panjang pada tanggal 23 Desember 2020 – 3 Januari 2021 akan berimbas terhadap pengguna transportasi darat maupun udara. Begitu pula pada beberapa objek wisata yang ada di Banten.

Kepala Kantor Basarnas Banten Muhammad Zaenal Arifin mengatakan, gelar siaga SAR Khusus tersebut agar selalu memperhatikan ketentuan khusus terkait COVID 19. Ditegaskannya, poin penting yang diperhatikan yakni posko mandiri yang terkait fasilitas sesuai protokol COVID 19, serta memberikan laporan kepada Kabasarnas secara berkala, dan berkoordinasi dengan instansi ataupun Potensi SAR terkait.

“Kondisi itu harus diantisipasi dengan meningkatkan kesiapsiagaan dan penempatan personil secara mobile atau patroli,” kata Zaenal Arifin, di Mako Basarnas Banten usai Apel Kesiapsiagaan, Jumat 18 Desember 2020.

Untuk mengoptimalkan kesiapsiagaan itu, sebanyak 36 personil disiapkan dalam siaga SAR Khusus saat ini. Selain itu, pihaknya juga menempatkan di beberapa titik seperti Pelabuhan Merak, Pantai Anyer, Pantai Carita, dan Pantai Bagedur. Sementara itu untuk wilayah Toll Jakarta-Merak dipantau secara patroli. Siaga SAR Khusus ini juga mulai diberlakukan Jumat 18 Desember 2020 hingga 04 Januari 2021 mendatang.

“Ada pengaturan baik personil maupun alat yang ada di wilayah kerja kami, sekaligus berkomunikasi dengan potensi SAR,” terangnya.

Tak kalah penting, sambung Zaenal, kondisi cuaca buruk yang berpotensi menimbulkan bencana juga menjadi perhatian khusus Tim SAR lantaran saat ini curah hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang tengah berlangsung hampir di seluruh wilayah Banten. Kendati begitu, guna mendukung Pemerintah Provinsi Banten di bidang pariwisata.

Basarnas Banten telah berkoordinasi dengan pengelola pariwisata serta unsur SAR yang terlibat di dalamnya untuk melakukan patroli rutin guna mengantisipasi hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan wisatawan.

“Pengawasan di objek wisata kami lakukan sewaktu-waktu agar bisa antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” tandasnya. []