Beranda Tak Berkategori 8 Hari Setelah Bencana, Pemkot Serang Galang Donasi untuk Korban Banjir

8 Hari Setelah Bencana, Pemkot Serang Galang Donasi untuk Korban Banjir

567

SERANG.BCO.CO.ID – Sebuah flyer yang menunjukkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melakukan penggalangan dana untuk bencana banjir yang terjadi delapan hari lalu, tepatnya 1 Maret 2022, beredar luas di media sosial (medsos).

Flyer yang diketahui diunggah pertama kali oleh akun resmi Instagram Pemerintah Kota Serang itu viral di medsos. Publik menilai bahwa hal tersebut bukanlah sebuah kebijakan yang seharusnya dilakukan oleh Pemkot Serang dalam upaya mengatasi permasalahan banjir.

“Ini serius Pemkot galang donasi? Mereka kan punya APBD. Tinggal geser-geser aja kali ya. Menurut saya geser saja kalau memang anggaran penanganan bencana habis,” kata Ridho, warga Kota Serang saat diperlihatkan flyer tersebut, Rabu, 9 Maret 2022.

Selain Ridho, masyarakat lainnya juga banyak yang mengupload flyer tersebut dengan menyertakan caption bernada sindirian.

Tokoh muda Kotas Serang, Andi Suhud misalnya. Melalui akun media sosial ia menyesalkan hal itu dilakukan Pemkot Serang yang seharusnya bisa mengambil kebijakan anggaran.

“Ini salah kaprah atau apa namanya? Pemerintah kan kuasa pengguna anggaran penanganan bencana? Kenapa harus open donasi? Udah seminggu pula. Primen kien,” tulis Andi suhud seraya menandai akun media sosial Walikota Serang Safrudin dan Wakil Walikota Serang Subadri Ushuluddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Serang Poppy Novriadi mengatakan, dirinya tidak mengetahui dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mana penggalangan donasi tersebut. “Saya gak tahu dari OPD mana yang buka donasi itu. Iya itu dari OPD, cuma saya gak tahu,” kata Poppy saat dikonfirmasi wartawan.

Poppy memastikan bahwa penggalangan dana tersebut bukan dari Dinsos Kota Serang. Meskipun, sebenarnya diperbolehkan. “Sebenarnya siapa saja boleh (open donasi). Cuma kalo Pemkot yang open donasi agak kurang lazim,” ujarnya.

Diketahui, dalam flyer yang beredar viral itu, nampak terpampang jelas foto Wali Kota Serang Syafrudin dan Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin.

Kemudian, terdapat nomor rekening bank BJB atas nama Penerima Sumbangan Bencana Kota Serang.

Meskipun flyer tersebut sudah hilang dari akun Instagram Pemerintah Kota Serang. Namun, hasil tangkap layar terus beredar di grup-grup WhatsApp maupun di Facebook.

“Mari ulurkan tangan meringankan beban saudara kita di Kota Serang, yang tertimpa bencana banjir dengan memberikan donasi terbaik,” tulis akun Instagram @pemkotserang. []

RADIO BCO