Beranda Kesehatan 3 Orang Positif Covid, 63 Pegawai Dinkes Kab Serang Diswab Test

3 Orang Positif Covid, 63 Pegawai Dinkes Kab Serang Diswab Test

459

SERANG, BCO.CO.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, melakukan swab test terhadap 63 pegawai di lingkungan dinas tersebut, setelah tiga orang pegawai lainnya terkonfirmasi positif covid-19.

Demikian dikatakan Kepala Dinkes Kabupaten Serang dr Agus Kusmayadi, saat dihubungi BCO via telepon genggamnya, Rabu 20 Januari 2021.

Dikatakan, swab test tidak dilakukan terhadap seluruh pegawai yang mencapai sekitar 100 orang, tetapi hanya yang kontak dekat saja. “Hari ini, saya (dr Agus) swab test bersama pegawai lain yang kontak dekat dengan yang positif covid. Hari Senin kemarin ada tiga pegawai kami yang terkonfirmasi positif,” ujar dr Agus.

Dijelaskan dr Agus, swab test terhadap orang yang kontak dekat dengan positif covid, merupakan keharusan, sesuai protokol kesehatan. “Kontak dekat yang dimaksud adalah yang se ruangan. Kalau bagian lain di dinkes tapi tidak se ruangan dan tidak pernah kontak ya tidak perlu swab test. Artinya tidak semua pegawai kami yang diswab test,” dr Agus menegaskan.

Ditanya apakah ada penutupan kantor agar terhindar dari penularan virus covid? dr Agus mengatakan, tidak perlu.

“Kalau pelayanan kesehatan, seperti puskesmas mungkin perlu, karena berhubungan dengan pelayanan langsung kepada masyarakat. Tapi, kalau di dinas, tidak perlu. Cukup disemprot desinfektan, kemudian seluruh pegawai yang kontak dekat diswab test, ya cukup. Yang terpenting trackingnya saja,” pungkas dr Agus. []